Minggu, 29 Desember 2013

Menuju Puncak

Hallo! Wuih, udah berapa hari nih aku ga posting? Bukan karena males sih, cuma kemarin badanku masih pegel-pegel semua akibat naik gunung. Maklumlah, jarang olah raga sih. Jadi sekalinya olah raga, naik gunung pula, pastinya badan jadi berasa remuk semua gitu deh.

Tanggal 24-25 Desember kemarin anak-anak Ikom Radio ngadain makrab (malam keakraban) buat menyambut anggota baru. Nah mereka mengundang aku dan beberapa teman yang sudah senior ini buat ikutan *iya, aku udah tua*. Awalnya aku agak ragu sih buat ikut. Masalahnya udah akhir bulan, isi dompetku juga udah megap-megap. Tapi karena temanku ikut, ya aku ikut juga deh.

Makrab tahun ini diadain di Gunung Api Purba. Waktu itu panitianya bilang acaranya cuma outbound sama tracking doang, mereka ga bilang kalau kita bakal mendaki gunung sejauh 2,5 km. Jadi aku kira paling bakalan kaya makrab pertamaku waktu itu, jalan naik bukit, turun terbing, terus flying fox deh. Gitu doang sih gampang! Tapi kenyataannya tak semudah itu….

Mendaki Gunung

Pemandangan dari kaki gunung~

Pagi tanggal 25, kita kumpul di semacam lapangan gitu di bawah gunungnya. Mas-mas instruktur disana ngadain games dulu, anak-anak dibagi jadi 3 kelompok. Aku sih mutusin buat ga ikutan games-nya, dari pada entar udah capek duluan sebelum naik gunung kan ya.

Kita mulai mendaki sekitar jam setengah 10an gitu. Aku sama teman-teman senior lainnya ikut naik bareng kelompok dua. Hari itu dari pagi mendung, kadang malah gerimis turun rintik-rintik. Enak sih jadi ga panas, tapi jalannya jadi becek minta ampun. Bikin perjalanan tambah susah dua kali lipat!

Awalnya perjalanan masih gampang, kita baru naikin tangga gitu. Jalannya juga belum terlalu becek. Tapi tetep aja sih, baru aja lapangan dibawah menghilang dari pandangan aku udah ngos-ngosan….

Tantangan pertama sebelum sampai ke pos pertama adalah naikin batu. Eh, ini bukan sembarang batu yang bisa kita lompatin gitu aja. Batunya gede, dan kita harus naik cuma dengan bantuan tali! Waktu kita mau naik kebetulan kita ketemu ibu-ibu yang mau turun, jadilah kita persilahkan ibu itu turun duluan. Lihat ibunya turun aja udah bikin takut. Tapi kayanya naiknya emang lebih gampang dari turunnya deh. Atau mungkin karena aku ringan kali ya makanya bisa naik dengan gampang.

Jalan ke pos pertama sebenernya ga terlalu susah. Tapi ada jalan yang lumayan menyeramkan buatku. Ini tepat sebelum pos pertama dimana kita harus jalan diantara tebing gitu. Berasa dihimpit deh. Jalannya sempit banget, cuma muat buat satu orang. Jadi kalau ada orang yang naik, yang mau turun harus nunggu dulu di atas.

Akhirnya sampe juga di pos pertama. Disaat anak-anak main games, aku dan teman-teman asik foto-foto sambil istirahat. Kebanyakan pengunjung yang ga niat naik gunung biasanya cuma sampe pos ini doang. Pemandangan disini emang udah keren sih. Sempat kepikiran buat sampe sini aja dan balik turun, tapi gengsi dong yaa….

Kakiku masih gemeteran jadi ga berani ke ujung -_-

Pemandangan dari Pos Pertama!

Dimana Puncaknya?

Perjalanan menuju pos kedua dan ketiga ga begitu ekstrim. Paling cuma karena jalannya yang becek yang bikin susah. Lagian mas-mas instrukturnya dengan setia memberi arahan dan bantuan buat kita. Laki-laki di kelompok ini juga dengan ikhlas membantu cewek-cewek yang ribut sepanjang jalan. Tapi yah, jauhnya itu loh yang bikin napas setengah-setengah….

Pertanyaan yang sering terdengar sepanjang jalan itu “masih jauh mas?”. Mungkin karena kasihan sama kita masnya selalu bilang “sedikit lagi”, tapi toh ga nyampe-nyampe juga. Setiap ngeliat area terbuka yang ada view pemandangannya kita pasti langsung nanya, “ini puncaknya?” dengan semangat. Sayangnya jawaban mas-masnya selalu bikin lemes.

Sepanjang jalan sebenernya ada penunjuk arah yang ngasih semangat gitu. Semacam “Semangat mas bro!” dan “Sedikit lagi puncak!”. Tapi penunjuk arah itu tidak bisa menghapus lelahku. *lebay*

Tantangan utama dari pendakian ini adalah saat menuju puncak. Aku cuma bisa speechless liat tebing dan tangga kayu di depan mata. Dalam hati aku mikir, ini serius kita naik ini doang? Tanpa kita sadari mas-mas instrukturnya udah naik dan bertengger di puncak. Gila, itu gimana caranya??

Dengan modal nekat dan berusaha menjauhkan pikiran “gimana turunnya nanti” aku pun naik. Tangga yang licin dan berlumpur itu bikin aku harus ekstra hati-hati. Sampai puncak tangga aku lihat areanya belum datar, ini kalau jatuh bisa langsung ngegelinding sampe kaki gunung! Buru-buru deh tuh aku pegangan sama mas-masnya. Sempat hampir kepeleset juga tuh, untungnya cuma hampir….

Begitu berhasil menguasai diri dan lihat ke sekeliling aku baru sadar, pemandangannya indah banget! Subhanallah! Rasanya saat itu aku mau teriak, “Ibu, aku sampai puncak!”

Subhanallah!

Pemandangan dari puncak~


Meskipun masih ngos-ngosan yang penting foto dulu~

Turun (Belum Tentu) Gampang

Turun mungkin lebih cepat, lebih ga capek, tapi belum tentu lebih gampang!

Nurunin tebing pake tangga kayu tadi ternyata tidak sesusah yang dibayangkan. Masalahnya malah waktu berhasil turun tangga. Tanahnya licin dan berlumpur. Mungkin karena dari atas tadi aku ngetawain teman yang kepeleset, aku jadi kualat dan ikutan kepeleset juga! Sial banget -_-

Jalan yang licin itulah yang menghambat waktu turun. Temanku bahkan ada yang kepeleset sampe lima kali! Bayangkan! Untungnya aku cuma sekali itu doang~

Jalan turun yang kita ambil beda sama jalan waktu naik tadi. Dari pos dua kita ambil jalan lain yang nurunin tebing batu! Dan alat bantu kita cuma tali karet yang ga bisa diem. Mendingan ga usah pegangan tali deh kayanya.

Tapi ada yang menyenangkan dari perjalanan pulang. Kita ketemu selang yang nyambung ke mata air comberan. Namanya ga meyakinkan ya buat diminum. Tapi airnya jernih kok, ga kaya air comberan. Akhirnya kita bisa minum lagi setelah persediaan air habis pas mendaki tadi. Airnya dingin banget, seger! 

Itulah kisahku menggapai puncak Gunung Api Purba. Oh iya, gunung ini letaknya di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Buat yang lagi cari alternatif liburan di jogja bisa loh main kesini. Tapi jangan lupa siapkan fisik kalau mau sampai puncak :)


NB:
Maaf fotonya ga banyak. HPnya di tas jadi ga sempat foto-foto di sepanjang jalan :’))

7 komentar:

  1. Sungguh pemandangan yang indah..

    BalasHapus
  2. lhah....teman-temannya mana..kok kagak ada foto rame-rame...

    BalasHapus
    Balasan
    1. foto yang rame-rame ga ada di hape mbak... nanti aku mintain ke anak-anak dulu deh :D

      Hapus
  3. Gunung Api Purba? baru denger, jadi pengen kesana ._.

    BalasHapus
  4. terima kasih untuk pujian dan info lombanya ;)

    BalasHapus