Selasa, 26 November 2013

Kisah dari Sebaran

Ada yang tahu kepanjangan dari KKN? Kuliah Kerja Nyata? Apa sih arti dari Kuliah Kerja Nyata itu? Soalnya ya, selama KKN kemarin aku malah merasa dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan segala sesuatu. Nyiapin konsumsi setiap ada acara lah, beres-beres masjid lah, sampe bersihin kali segala. Apanya yang Kuliah Kerja Nyata?? Ini sih Kuliah Kerja Nguli -_-

Kalau kata kepala dukuh tempat aku KKN, KKN itu kepanjangan dari Kisah Kasih Nyata. Soalnya nih, kata bapaknya, banyak yang cinlok gitu pas KKN. Buat aku? Itu semua cuma mitos! Ya iyalah, dari sebelas orang cowok dikelompokku ga ada satu pun yang bener! Sama pemuda dusun? Hmm, ga ada yang ganteng tuh~ *digetok pak dukuh*

Sebenernya bukan ga ada yang ganteng sih. Ada lah  satu dua orang yang lumayan. Masalahnya aku ga deket sama pemuda di dusun dan lebih deket sama anak-anak. Yah, gini-gini kan aku terkenal dikalangan anak-anak. *bangga*

Anak-anak emang yang paling gampang akrab sama kita, mahasiswa KKN. Dalam waktu tiga hari aja mereka bisa ngapalin empat belas nama mahasiswa KKN! Padahal aku sampe mau beres KKN aja ga hapal-hapal nama mereka. Ingatanku memang payah~

Yang Pertama Aku Kenal

Aku masih inget banget hari pertama setelah penerjunan, aku habis balik dari masjid dan ada dua orang anak yang nyegat aku pake sepeda di jalan. Mereka langsung ngomong gini:

“Mbak, mbak, namanya siapa?” tanya yang duduk di boncengan.

“Wafda,” kataku sambil pasang senyum manis.

“Eh mbak, ini yang KKN ceweknya ada berapa e? Kok banyak mas-masnya?”  sekarang gantian yang di depan yang nanya

“Ceweknya ada 3.”

“Kok cuma 3 mbak? Yang KKN kemaren ceweknya ada banyak!”

Dalam hati aku ngomel, “ya mana aku tahu, aku juga pengennya ceweknya yang banyak”

“KKN-nya berapa lama e mbak?” yang belakang nanya lagi

“Sebulan.”

“Kok cuma sebulan mbak?”

Terus yang di depan bilang, “Seminggu juga ga papa mbak. Mas-masnya nyebai (nyebelin) e.”

Dalam hati aku ngomong lagi, “Aku juga mau kalau cuma seminggu~”

Yang duduk di boncengan namanya Tia. Awalnya aku kira dia anaknya tomboy gitu. Makanya aku kaget banget waktu pak dukuh bilang Tia pernah beliau daftarkan untuk ikut pildacil di desa. Sayangnya Tia kalah gara-gara belum lancar bacaan al-quran.

Yang satu lagi nama aslinya Reni, tapi teman-teman KKN menjuluki dia Cemong. Katanya sih gara-gra dia mirip sama Cemong, tokoh dalam sinetron anak-anak di salah satu televisi swasta. Aku sendiri ga tahu sinetron apa dan yang mana si Cemong itu. Reni ini kecil-kecil galak baget anaknya. Digodain sedikit aja dia langsung ngamuk. Tapi karena itu juga anak-anak pada suka godain dia.

Mereka berdua adalah dua orang anak yang pertama kali aku kenal begitu menginjakan kaki di Sebaran :))

Tia dan Reni! Lirikannya Reni, maut~

Kakak Beradik Ga Sekolah

Ada dua orang kakak adik di tempatku KKN yang ga sekolah. Bukan, bukan karena mereka ga mampu. Sang kakak namanya Hamam. Dia berhenti sekolah sejak kelas 2 SD gara-gara ga bisa baca tulis. Aku juga ga ngerti masalahnya apa, dia bukan termasuk anak yang autis kok. Tapi waktu aku dan teman-teman KKN ngajarin dia baca tulis… susahnya minta ampun! Nyerah deh aku. Sekarang Hamam umurnya 15 tahun dan dia… belum disunat! Katanya sih dia udah mau disunat bareng adiknya. Tapi begitu adiknya disunat dia malah kabur….

Yang paling aku inget dari Hamam adalah saat dia main ke posko sama adiknya dan cerita kalau dia pernah ke warnet. Ga mengesankan? Belum! Masalahnya dia dengan bangga cerita kalau dia nonton video “begituan” di warnet dan mendeskripsikannya dengan… ugh! Dia baru 15 tahun dan ga sekolah tapi ngerti hal begituan…. Dan bahkan dia belum disunat…. Aku cuma bisa ngakak speechless -_-

Adiknya, Rohman, berhenti sekolah saat lulus SD kemarin. Alasannya? Dia ga masuk ke SMP yang dia inginkan, dan dia ga mau sekolah selain disana. Sungguh alasan paling ga penting sedunia….

Pertama kali kenal mereka aku ga tahu sama sekali kalau mereka saudara. Saat udah tahu pun aku jadi bingung sebenernya ini yang kakak yang mana, yang adik yang mana. Habis adiknya kelihatan lebih dewasa dan sering ngebully kakaknya sih -_-

Hamam dan Rohman, Kakak Beradik Ajaib~

Romansa Anak SMP

Prita dan Adnan, dua anak ini sering banget diledekin temen-temennya kalau mereka pacaran. Dan sampe akhir KKN aku ga tahu deh mereka beneran pacaran atau nggak.

Aku kenal Prita dari program KBM. Waktu itu ada anak yang minta diajarin matematika, nah karena aku pelupa mana inget lah aku sama KPK dan FPB! Ngeliat aku yang bingung Prita pun ngajarin aku. Iya, dia ngajarin aku yang seharusnya ngajarin dia, duh!

“Iki loh mbak rumusnya. Gitu aja ga bisa, piye toh?”

Dan  aku cuma bisa ngangguk-ngangguk bego.

Kalau Adnan aku tahu sejak latihan drumband. Dia pegang bass yang gede itu looh. Waktu itu aku langsung fokus sama dia yang emang lumayan *ehem* ganteng. Dengan begonya aku langsung ngerasa dia mirip McKay! Kayanya minusku udah nambah deh….

Awalnya Adnan juga ga suka pas anak-anak ngeledekin dia pacaran sama Prita. Tapi lama-lama dia malah ikut seneng gitu godain Prita. Mungkin dia mulai suka sama Prita! Kalau Prita sih kelihatannya dari awal juga udah suka gitu sama Adnan~ *mulai gosip*

Adik Baru yang Unyu

Dari KKN ini aku jadi punya dua adik baru, anak-anak imut sepertiku yang nakalnya bukan main. Eh tapi kalau nakalnya itu ga seperti aku yaa. Aku kan baik hati dan tidak sombong serta rajin menabung. *mulai narsis*

Adik pertamaku namanya Ari. Cowok imut kelas 5 SD yang lebih mirip anak kelas 2 SD. Sumpah aku ga bohong! Dibanding anak-anak cowok lain di Sebaran yang tampilannya preman, Ari ini yang kelihatannya paling imut dan polos. Padahal, ya nakal juga dia….

Seperti anak-anak cowok lain, dia paling seneng godain anak-anak cewek. Khususnya Reni yang emang paling asik buat digodain. Anak-anak juga sering godain dia suka sama Reni. Duh dek, sebagai kakakmu aku tidak setuju. Kamu masih kecil, belum boleh pacaran sebelum kakakmu ini pacaran…. *eh*

Tapi Ari ini adik yang durhaka. Masa tiap aku panggil dia kabur mulu. Sekarang juga tiap aku sms dia ga pernah bales. Adik macam apa dia itu! *padahal sendirinya yang secara sepihak nganggep adik*

With Ari~ Tebak Berapa Umur Kami? ;))

Adik kedua cewek, dia masih TK dan anaknya ngegemesin banget. Morin namanya. Awal KKN aku ga pernah ngeliat dia main ke posko atau ikut program. Tiba-tiba suatu malem dia main ke posko bareng anak-anak cewek lain dan menghampiriku yang lagi duduk santai di kursi.

“Mbak Wafda ya?”

“Iya, namanya siapa? Kok ga pernah keliatan?”

“Morin”

Terus dia langsung duduk disebelahku dan nyender manja.

Kalau Ari, aku yang mengakui dia sebagai adikku. Kalau Morin, dia yang mengakui aku sebagai kakaknya! Dia paling ga seneng kalau ada anak-anak lain yang deket-deket aku dan nganggep aku kakak. Pokoknya cuma boleh dia. Ya, meskipun tampang malaikat Morin ini rada egois gitu. Mungkin karena dia anak bungsu kali yaa…. 

Bersama dua adik baru, Ari dan Morin~

Yah, untuk aku pribadi, anak-anak itulah yang bikin semangat KKN. Duh, jadi kangen sama mereka :’))

2 komentar:

  1. Wafdaaaaa...
    Sepertinya KKN mu ituh menyenangkan sekali yaaah...
    Bisa ketemu sama banyak adek adek kecil yang unyuuu...

    Tapi...tapi itu kenapa serem sekali bisa nonton begituan di warnet?...hiks...
    Kasih usul atuh supaya warnetnya jangan dikasih sekat, jadi biar gampang ngawasin nyaaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, adik-adik itu yang bikin tahan kkn mbak...
      kalau ga ada mereka pasti bosenin banget uh kkn-nya~

      miris banget ya?
      warnetnya di desa sebelah mbak, dia sampe bela-belain ke desa sebelah buat nonton begituan cobaa...
      aku juga heran, padahal dia ga bisa baca tapi kok bisa sampe nonton begituan -_-

      Hapus