Sabtu, 11 Agustus 2012

[Culinary Review] jeJamuran

Yak, satu jam menjelang buka puasa! Udah pada laper? Atau udah pada ngiler nyium wangi masakan ibu dirumah? Samaaa *eh 

Nah, buat kamu yang masih bingung mau makan apa untuk buka puasa nanti, aku ada satu tempat yang bisa jadi rekomendasi. Eits, tapi hanya untuk wilayah Jogja dan sekitarnya yaa.. Yaah, kecuali kalian mau jauh-jauh datang ke Jogja demi mengunjungi tempat ini sih ga papa~

Tempat ini namanya jeJamuran, dari namanya aja udah jelas dong ya apa yang jadi menu utama (atau bahkan keseluruhan menu) di restoran ini. Yap, JAMUR! Hampir 99% menu makanan disini berbahan dasar jamur. So, tempat ini cocok banget buat kalian yang vegetarian. Rumah makan ini terletak di daerah Sleman, Yogyakarta. Pokoknya telusuri aja Jalan Magelang (kalau ga salah sih sekitar kilometer 14), nanti ada petunjuk dari 3 kilometer sebelumnya.

Plang penyambutan di jeJamuran
Menu andalan disini banyak, bisa dilihat dari daftar menunya yang bertaburan hati. Gambar hati itu nandain kalau itu menu yang banyak dipesan. Oh,ya kalau liat menu disini jangan heran dengan harganya yang unik dan ga genap. Awalnya aku juga bingung dan mikir ga repot apa ngitungnya kalau kaya gini. Eh taunya harga tersebut belum termasuk pajak 10%, jadi kalau udah ditambah pajak harganya malah jadi genap. Menarik ya?

Daftar menu
Pertama kali kesini, jujur aku agak sedikit anti dengan yang namanya jamur. Olahan jamur yang aku makan paling cuma jamur crispy. Tapi begitu makan berbagai jenis masakan berbahan jamur disini aku langsung jatuh cinta sama jamur (tapi yang udah dimasak yaa). Makanan disini beneran enak, aku jadi ga sadar kalau yang aku makan itu jamur. Menu paling enak menurutku itu Sate Jamur dan Sop Jamur.

Sate Jamur
Sate jamurnya bener-bener mirip sate ayam, yang beda cuma dari tekstur jamurnya aja. Sop jamurnya seger banget, pas dimakan saat buka puasa. Kuahnya itu looh, pas dilidah~

Crispy Portabella, Dadar Shiitake, dan Rendang Jamur
Selain itu ada juga rendang jamur yang rasanya bener-bener rendang banget, trus telur dadar shiitake yang telurnya full jamur, dan ada jamur crispy (kebetulan yang aku pesen itu crispy portabella).

Nasi Putih plus bawang goreng

Ice Tea

Ice Lime Tea
Selain tempat makan, disini juga ada tempat budidaya jamur. Disepanjang jalan antara bagian depan dan belakang restoran terdapat rak-rak yang penuh jamur. Di rak-rak tersebut juga terdapat penjelasan mengenai berbagai jenis jamur yang tumbuh disitu. Jadi selain bisa makan enak, pengetahuan kita tentang jamur juga bisa bertambah.

Salah satu rak budidaya jamur

Okee, sekian review dariku. Selamat berbuka puasa~

jeJamuran
Jalan Niron Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta
0274-868170
Rasa: Enak dan bikin ketagihan!
Harga: Sesuai sama kelasnya tapi lumayan menguras kantong untuk mahasiswa kere macam saya.
Tempat: Nyaman dan asik, ada live music saat jam ramai. Selain itu tersedia toilet dan musola yang bersih.


note:
maaf fotonya blur, udah ga sabar pengen makan :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar